Senin, 16 Juni 2014

Contoh Tulisan Ilmiah

BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang Masalah

Penggunaan teknologi di dunia semakin meningkat. Setiap orang pasti telah menikmatinya dari berbagai macam perangkat lunak maupun perangkat keras. Negara-negara besar di dunia seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Cina pun terus berlomba-lomba menghadirkan inovasi baru dalam perkembangan teknologi dunia. Teknologi yang terpesat perkembangannya saat ini adalah teknologi informasi dan telekomunikasi, yang menghadirkan beragam pilihan bentuk teknologi dan kecanggihannya. Contohnya saja seperti smartphone, kini barang tersebut bukan lagi menjadi barang mahal. Setiap orang kini bisa memiliki berbagai macam smartphone yang beredar di pasaran. Dari mulai yang murah sampai yang mahal. Berbagai smartphone yang beredar di pasaran saat ini ada yang berbasis Android, Symbian, Blackberry, iOS, Windows Mobile dan masih banyak lagi.Smartphone yang ada saat ini juga didukung oleh berbagai macam aplikasi yang dibuat untuk mempermudah atau mempercepat pekerjaan manusia Selain itu, pada sistem android para developer juga leluasa untuk membuat aplikasi sendiri yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi di berbagai bidang untuk para pengguna android, contohnya dalam bidang religi, pendidikan, industri, teknologi, olahraga, dan finansial.

Pada kesempatan kali ini, penulis mencoba memanfaatkan penggunaan Smartphone dalam menjalankan aplikasi penghitungan zakat berbasis android. Pebayaran zakat sendiri merupakan hal yang diwajibkan bagi umat islam, sebab zakat merupakan ajaran pokok agama yang sangat penting  dan strategis dalam islam. Zakat merupakan rukun islam yang ke tiga setelah syahadat dan shalat.Seperti yang tercantum dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Umar: “Islam dibangun diatas lima rukun: Syahadat tiada Tuhan kecuali Allah dan Muhammad SAW utusan Allah, menegakkan shalat, membayar zakat, menunaikan haji dan puasa ramadhan.

Jika shalat berfungsi untuk membentuk keshalihan dari sisi pribadi, maka zakat berfungsi membentuk keshalihan dalam system social kemasyarakatan. Pembentukan keshalihan pribadi dan keshalihan dalam system masyarakat inilah salah satu tujuan diturunkannya risalah islam oleh Allah SWT kepada manusia. Mengingat pentingnya pembayaran zakat itu sendiri, penulis mencoba mengimplementasikannya dalam bentuk aplikasi penghitung zakat.


1.2       Batasan Masalah.
Sesuai dengan latar belakang masalah tersebut yaitu penulis ingin membuat aplikasi penghitung zakat berbasis andorid, maka batasan dalam penulisan ilmiah ini hanya mencakup tentang pembuatan aplikasi android penghitung zakat saja yang meliputi proses sebagai berikut :
1.      Penjelasan pengertian tentang zakat.
2.      Penjelasan tentang perhitungan zakat.


1.3       Tujuan dan Manfaat
            Tujuan dari Penulisan ini adalah :
1.      Merancang aplikasi penghitungan zakat berbasis android agar mempermudah dalam pengertian zakat.
2.      Merancang aplikasi untuk memudahkan pengguna menghitungan zakat dengan cepat.
1.4       Metode Penelitian
Langkah-langkah yang akan dilakukan penulis di metode penelitian dalam penulisan ilmiah ini, adalah :
1.      Analisis Sistem
a.       Observasi
Kegiatan ini dilakukan dengan cara mewawancarai ulama yang lebih mengerti tentang zakat.

b.      Studi pustaka
Pada metode ini penulis mengumpulkan informasi tentang pengetian zakat dari sumber manapun seperti buku dan internet
2.      Perancangan Aplikasi
Perancangan aplikasi dilakukan dalam beberapa tahap,yaitu :
a.       Alur Aplikasi / Cara kerja  
Rancangan alur aplikasi  dibuat menggunakan diagram xxx yang ada pada UML (Unified Modelling Language).
b.      Pembuatan naskah program
      Naskah program dibuat menggunakan bahasa pemrograman java.
3.  Pengujian aplikasi
 Dalam tahap ini adalah melakukan pengujian terhadap aplikasi yang telah kita buat, pengujian ini didahului proses debugging,lalu menjalankan aplikasi yang sudah valid dan terverifikasi. Selanjutnya dijalankan program yang dibuat, jika tidak berhasil maka dapat dilakukan perbaikan kembali.
     4.   Implementasi dan pemeliharaan aplikasi.
Dalam tahap ini yaitu menerapkan aplikasi yang telah dibuat dan memelihara aplikasi tersebut.
     5. Spesifikasi Kebutuhan aplikasi
Pada pembuatan aplikasi ini di butuhkan perangkat keras dan perangkat lunak.
  a. Spesikasi untuk perangkat keras yang di butuhkan adalah :
1 Unit computer pribadi degngan spesifikasi minimum :
-       Prosesor Intel Core,
-       Ram 4 GB
-       Resolusi minimal 1024 x 768
-       CD-ROM minimal 24x, VGA minimal 16 bit
-       Sound Card
-       Speaker
-       OS: Windows 8

b.    Perangkat Lunak yang dibutuhkan adalah
-    Android Development Tools (ADT)
-    Apache Cordova
-    Apache ANT
-    Node JS
-    APP Framework
-     Star Unfied Modeling Language (UML)

1.5       Sistematika Penulisan
Untuk memperoleh gambaran yang mudah dimengerti mengenai isi dalam penulisan ilmiah ini, secara global dapat dilihat dari sistematika pembahasan dibawah ini :
a.       Bab 1 Pendahuluan, dalam bab ini mengemukakan latar belakang, batasan masalah, ruang lingkup penulisan, tujuan penulisan, metode penelitian serta sistematika penulisan.
b.      Bab 2 Landasan Teori, dalam bab ini menjelaskan mengenai teori pendukung yang akan digunakan pada pembahasan masalah. Pada bab ini juga menjelaskan tentang smartphone android, dan aplikasi-aplikasi yang digunakan dalam penulisan ini.
c.       Bab 3 Perancangan dan Impelementasi, Pada bab ini akan dibahas tentang spesifikasi program dan prosedur pelaksanaan program aplikasi berbasis android.

d.      Bab 4  Penutup, bab ini merupakan penutup, yang didalamnya berisi kesimpulan dan rangkuman dari pembahasan penulisan ilmiah, serta berisi saran yang diharapkan dapat bermanfaat untuk pengembangan pembuatan program aplikasi selanjutnya.



Daftar pustaka

Qadarwi, Yusuf, 1973. Fiqzu Zakat cetakan ke-2. Beirut Muasat ar-Risalah
Safaat H, Nazruddin. 2012. Pemprograman Aplikasi Mobile Smartphone dan
         Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika
Hasan, M. Ali. 2006. Zakat dan Infak: Salah satu Solusi Mengatasi Problema
         Sosial di Indonesia. Jakarta: Kencana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar