Rabu, 15 Mei 2013

Budaya Kreativitas dan Inovasi

1.      Pengertian dan Fungsi Budaya Organisasi

Pengertian Budaya Organisasi 
Dalam buku Handbook of 
Human Resource Management Practice oleh Michael Armstrong pada tahun 2009, budaya organisasi atau budaya perusahaan adalah nilai, norma, keyakinan, sikap dan asumsi yang merupakan bentuk bagaimana orang-orang dalam organisasi berperilaku dan melakukan sesuatu hal yang bisa dilakukan.

Fungsi Budaya Organisasi
1.      Budaya mempunyai peranan pembeda atau tapa batas.
2.      Budaya memberikan rasa identitas ke anggota-anggota organisasi.
3.      Budaya mempermudah timbulnya komitmen yang lebih luas daripada kepentingan pribadi seseorang.
4.      Budaya itu meningkatkan kemantapan sistem sosial.


2.      Tipologi Budaya Organisasi

Beranjak dari aneka definisi, lapisan, dan perspektif dalam memandang budaya organisasi, maka muncul aneka ragam tipologi budaya organisasi. Tujuan tipologi ini menunjukkan aneka budaya organisasi yang mungkin ada di realitas.
Tipologi budaya organisasi dapat diturunkan dari tipologi organisasi. Amitai Etzioni membagi tipe organisasi dengan membuat tabulasi silang antara jenis kekuasaan dengan jenis keterlibatan individu di dalam organisasi. Jenis kekuasaan di bagi menjadi Koersif, Remuneratif dan Normatif sementara jenis keterlibatan di bagi menjadi Alienatif, Kalkulatif, dan Moral

a.       Jenis Kekuasaan
Koersif adalah kuasa dalam organisasi yang muncul dari penghukuman fisik atau ancaman penghukuman fisik.
Remuneratif muncul dari kendali atas sumber daya dan reward material.
b.      Keterlibatan.
Alienatif adalah keterlibatan yang sangat tidak disetujui.
Kalkulatif adalah keterlibatan yang lemah baik itu setuju atau tidak setuju.
Moral adalah keterlibatan yang sangat disetujui.
Dari hasil tabulasi silangnya, Etzioni mengajukan tipologi organisasinya yaitu :
1)      Organisasi Koersif adalah organisasi di mana para anggotanya terperangkap dalam alasan fisik dan ekonomi sehingga harus mematuhi apapun peraturan yang ditimpakan oleh otoritas.
2)      Organisasi Utilitiarian adalah organisasi di mana para anggota dimungkinkan untuk bekerja yang adil untuk hasil yang adil pula serta adanya kecenderungan untuk mematuhi beberapa aturan yang esensial di samping para pekerja menyusun norma dan aturan yang melindungi diri mereka sendiri.
3)      Organisasi Normatif adalah organisasi di mana para individunya memberi kontribusi pada komitmen karena menganggap organisasi adalah sama dengan tujuan diri mereka sendiri. 


3.      Kreativitas Individu dan Team Proses Inovasi

Kreativitas dengan inovasi itu berbeda. Kreativitas  merupakan pikiran untuk menciptakan sesuatu yang baru,  sedangkan  inovasi adalah  melakukan  sesuatu yang baru. Hubungan  keduanya  jelas. Inovasi merupakan aplikasi praktis dari kreativitas. Dengan  kata lain, kreativitas bisa merupakan variabel bebas, sedangkan inovasi adalah variabel tak bebas. Hasil pengamatan kami menunjukkan, perusahaan-perusahaan inovator sangat memperhatikan masalah  pelatihan karyawan, pemberdayaan dan juga sistem reward untuk meng-create daya pegas inovasi. Benih-benih inovasi akan tumbuh baik  pada  perusahaan-perusahaan yang selalu menstimulasi karyawan dan mendorong ke arah ide-ide bagus. Melalui program pelatihan, sistem reward, dan komunikasi perusahaan terus berusaha untuk  mendemokratisasikan inovasi.

Sumber :
johanesautissekalii.blogspot.com
www.tp.ac.id
kayanabatikmadura.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar